Jumat, 18 Desember 2009

PERTUMBUHAN HIPERBOLIK

I. Apa itu pertumbuhan Hiperbolik
Hiperbolik adalah suatu bentuk polynomial berpangkat tiga (x^3). Bentuk ini memiliki kurva yang lebih lengkung daripada bentuk kuadratik. Tuhan sangat merindukan percepatan pertumbuhan seperti ini. Apa saudara mau?(renungkanlah). Tuhan sanggup membuat percepatan pertumbuhan hiperbolik karena Tuhan Yesus telah mengalaminya hanya dalam 33.5 tahun dapat menjadi sempurna. Dia memberi teladan bagi kita agar kita berbuat seperti yang Dia perbuat (Yohanes 13:15). Saat ini fasilitas yang Tuhan sediakan sangat limpah, pembukaan Firman Tuhan dan Roh Kudus dicurahkan dengan luar biasa. Maka dari itu, Tuhan Yesus berani merekomendasikan bahwa kita akan sanggup berbuat lebih dahsyat dari Dia (Yoh14:12). Jadi, tidak sulit melakukan pertumbuhan hiperbolik.
Contoh: jika dalam 3 bulan tumbuh 1 sifat Kristus, maka dalam 1 tahun ada 4kali pertumbuhan, berarti 4^3=64 sifat tumbuh. Jika dalam 3 tahun, berarti 12^3=1728 sifat tumbuh. Andaikata 2 bulanan tumbuh 1 sifat, maka bayangkan sendiri percepatannya! Oleh karena itu, minggu ke-70 daniel 3.5 tahun pertama banyak orang tumbuh sangat cepat, bahkan jadi sempurna karena pertumbuhan hiperbolik ini. Rindukan pertumbuhan sampai level hiperbolik ini.


Gambar Grafik Hiperbolik


Gambar Grafik Kuadratik


Gambar Grafik Linear


Gambar Grafik Menurun

II. Daud Melakukan Pertumbuhan Hiperbolik
Daud adalah seorang yang paling berkenan di hati Tuhan (Kis13:22). Sejak kecil pertumbuhannya sangat pesat, sehingga dia diurapi menjadi raja waktu masih sangat muda. Daud adalah satu-satunya raja yang selalu bertanya-tanya pada Tuhan secara langsung dan Tuhan menjawabnya (1Sam23:2). Hal ini dapat dilakukan oleh orang yang pertumbuhan rohaninya sangat tinggi karena waktu masih kanak-kanak, seseorang cenderung berontak dan tidak mau diatur, tetapi setelah dewasa, seseorang akan diikat dan mau dibawa Roh Kudus ke tempat yang mungkin tidak dikehendakinya (Yoh21:18). Apa rahasianya? Gembala Kecil.

III. Gembala Kecil
1Sam17:28(KJV) mengatakan bahwa daud menggembalakan domba yang sedikit jumlahnya. Hal ini berarti daud menjadi gembala kecil. Bukan gembala besar. Gembala besar adalah sebuah jabatan dari Tuhan(Ef4:11), tetapi gembala kecil bisa dan harus dilakukan oelh siapa saja, malah jabatan gembala besar (atau yang lain) lahir dari gembala kecil. Tugasnya hanya menjadi berkat lewat kesaksian hidup, menasihati, mendidik, mendoakan jiwa-jiwa sampai mereka tumbuh menjadi seperti Kristus.

IV. Mengapa Gembala Kecil adalah kunci Pertumbuhan Hiperbolik
Daud sudah biasa berperang melawan singa dan beruang(1Sam17:34,35). Jadi, daud dilatih Tuhan untuk berperang melawan goliat dari gembala kecil (Maz18:34, 144:1). Gembala kecil ini membentuk pertumbuhan karakter yang cepat karena akan ada banyak gesekan antara gembala dan domba. Sifat domba yang jelek itu menggesek sifat gembala, sehingga gembala akan semakin murni. Jadi, dia bisa membimbing dan menumbuhkan domba-dombanya. Misalnya, domba memiliki sifat pemarah. Sifat ini akan menggesek gembala untuk menjadi orang sabar, sehingga dia bisa menolong dombanya karena gembala yang baik harus dapat menjadi teladan bagi domba-dombanya (1Kor11:1). Jadi, Firman Tuhan seperti pedang bermata dua (Ibr4:12) akan memurnikan sifat domba maupun gembalanya. Ini prinsip dalam gembala kecil.

V. Keuntungan Pertumbuhan Hiperbolik
a. Terjadi kelimpahan rohani dan jasmani (Mat13:12). Makin berbuah, makin diberi kuasa, urapan, dan berkat yang tidak terbatas, seperti Putra Manusia Yesus.
b. Diberi perkara yang besar karena setia dalam perkara yang kecil (Mat25:21). Daud setia melawan singa dan beruang, diberi goliat bahkan tahta kerajaan Israel. Jangan heran jika melihat orang mempunyai pengalaman yang dahsyat bersama Tuhan dan terus meningkat pesat (Hiperbolik) karena setia pada gembala kecil. Misal, tidak mungkin anak 1 tahun mengangkat beban 20kg. demikian juga, semakin dewasa rohani seseorang, makin besar perkara yang disediakan Tuhan.
c. Peka mendengar suara Tuhan, seperti daud. Hidup akan selalu berhasil dan berkemenangan. Rencana Allah akan tergenapi karena peka mendengar suara Tuhan serta suka berbicara dengan-Nya.
d. Tidak terhanyut dalam tsunami dosa. Kita akan cepat sampai ke gunung kesucian Allah (Yoel3:17), sehingga lolos dari tsunami dosa pada akhir zaman (Mat24:15,16) bahkan menjadi sempurna seperti Kristus(Mat5:48). Inilah percepatan pertumbuhan yang luar biasa.

VI. Kesimpulan
Saat ini kita harus memeriksa diri, apa jenis grafik pertumbuhan rohani kita, datar, linear, kuadratik, hiperbolik, atau bahkan menurun. Jadilah gembala kecil yang setia dan bertanggung jawab dengan mendoakan, membesuk, dan menasihati teman-teman, keluarga, dan domba-domba dalam gereja kita. Pastikan kita yang masuk gereja, masuk juga dalam kerajaan sorga. Jangan sampai yang terdahulu menjadi yang terakhir(Luk13:30). Setialah sampai mati. Maka dari itu, tumbuhlah hiperbolik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Forum Pertanyaan...Saya akan menjawabnya.


ShoutMix chat widget