Kamis, 17 Desember 2009

LIFE VALUE

Pengkhotbah 7:10, Mazmur 26:2
Life value adalah alat untuk mengukur pertumbuhan rohani kita setiap hari. Sebelum tidur kita berdoa untuk mengevaluasi apakah hari ini lebih baik dari kemarin. Di akhir doa, kita memberi penilaian hidup kita. Rentang nilai antara A-E. Di bawah ini adalah rentang nilai dari subyektif penulis, bukan secara obyektif.
A: tidak pernah salah dan mempunyai integritas
B: tidak pernah salah, tetapi integritas berkurang.
C: tidak doa atau Baca Firman Tuhan, tetapi tidak melakukan dosa.
D: berdosa hanya satu kali.
E: Berdosa lebih dari satu kali.
Keterangan:
• Penilaian ini bisa ditambahi grade-nya, seperti B+, B-, C+, C-.
• Integritas adalah kejujuran dalam hal jasmani meskipun tidak ada orang lain yang tahu. Pelanggaran integritas tidak ada ayatnya di alkitab, tetapi salah dihadapan manusia yang bisa menjadi batu sontohan, contoh: melanggar lampu lalu lintas, membuang sampah sembarangan, memotong jalan, mengebut, dll. jika kita melanggar, Tuhan ijinkan pemerintah menghukum kita. Jadi, kita harus menurut peraturan pemerintah (Rom13:1). Milikilah integritas yang baik sebagai putra-putra Allah.
• Penilaian di atas subjektif dari kita pribadi. Rentang nilai juga subjektif. Antara orang yang satu dengan yang lain bisa berbeda. Semakin tinggi rohani seseorang, penilaiannya akan semakin ketat, sehingga kualitas hidup kita akan semakin baik. Contoh: mungkin salah bicara sedikit saja, life value kita sudah menurun menjadi B. Jadi, penilaian ini tergantung pertumbuhan rohani kita.

Jika nilai kita hari ini kurang dari nilai kemarin, maka kita membuat komitmen dengan Tuhan agar besok bisa meningkat, jangan keras hati (Ibr3:15), harus mau menurut jika Roh Kudus memberi tahu kesalahan kita. Kita masih banyak kekurangan, tetapi ayo belajar untuk menjadi lebih baik setiap harinya. Jangan mau berhenti bertumbuh sampai Tuhan datang kembali atau kita menjadi sempurna. Life value ini dapat membantu kita melihat grafik pertumbuhan rohani kita dari hari ke sehari atau bulanan atau tahunan, sehingga didapatkan grafik yang meningkat, bukan mendatar atau bahkan menurun.
Keuntungan memiliki life value, yaitu:
1. Dapat melihat pertumbuhan rohani agar bisa ditingkatkan atau diperbaharui dari hari ke sehari (Kol3:10). Istilahnya adalah tindakan preventif sebelum menyimpang terlalu jauh. Dosa yang dibiarkan akan berakar dan sulit dicabut. Ilustrasi: lebih mudah membunuh telur ular daripada sudah menetas menjadi ular, akan sulit di bunuh, malah ular tersebut yang membunuh kita. Jadi, setiap hari kita check, jika ada dosa, maka dapat segera diperbaiki, sehingga dosa tersebut tidak berkembang.
2. Lebih cepat menjadi seperti Kristus karena dari awal sudah di atur agar rohani terus tumbuh, sehingga lolos ujian seleksi pengangkatan di akhir zaman. Orang yang acuh tak acuh dengan pertumbuhan rohani akan ketinggalan dan masuk dalam zaman antikris. Di akhir zaman, di 3½ tahun pertama minggu ke-70 Daniel mutlak memerlukan pertumbuhan rohani yang dewasa karena Dosa yang meningkat sampai puncaknya (Wah22:11), belum lagi kegerakan pekerjaan setan yang melanda karena Iblis dilemparkan ke bumi (Wah12:9). Jika rohani kita masih kanak-kanak, pasti hanyut dalam tsunami dosa ini. Ilustrasi: 3½ tahun pertama minggu ke-70 Daniel ini seperti ujian S-1. Jika rohani kita masih SD, pasti tidak akan lulus ujian, sehingga masuk ujian remidi di 3½ tahun ke-2, yaitu zaman antikris. Di zaman antikris, kita akan disiksa dengan siksaan yang BELUM PERNAH TERJADI dan TIDAK AKAN TERJADI LAGI (Mat24:21). Ini benar-benar siksaan yang luar biasa. Jadi, sebelum terlambat, kita harus menumbuhkan rohani kita agar kuat dan siap masuk dalam minggu ke-70 Daniel, sehingga bisa ikut pengangkatan.Life value adalah alat untuk menjaga rohani kita tetap bertumbuh sampai Tuhan datang kedua kalinya dan mengangkat kita ke Sorga, tidak ketinggalan.
3. Hidup bisa menjadi teladan bagi sekitar kita, terutama jiwa-jiwa yang dibebankan Allah dalam hidup kita. Life value adalah upaya kita sebagai bapak rohani untuk selalu berkomitmen menjaga kesucian agar jiwa-jiwa yang kita bimbing bisa melihat kesungguhan kita mengiring Tuhan (2Raja10:16,1Kor11:1,Fil4:9).

Roh Kudus akan membawa kita kepada seluruh kebenaran. Dia akan membuat hidup kita semakin hari semakin tumbuh dalam kesucian, sehingga nilai kita setiap hari bisa mencapai A terus asal mau dan taat dipimpin Roh. Jangan sampai kita yang sudah ada di gereja, tidak ada di Sorga, RUGI BESAR. Selamat melakukan life value. Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Forum Pertanyaan...Saya akan menjawabnya.


ShoutMix chat widget